Ledakan Bom Bunuh Diri Islam Tewaskan 23 Muslim Syiah

Ledakan Bom Bunuh Diri di Perbatasan Pakistan-Iran Tewaskan 23 Orang

Islamabad – Selain serangan di bandara, insiden juga terjadi di wilayah perbatasan Pakistan dengan Iran. Sedikitnya 23 orang termasuk para peziarah Syiah tewas dalam serangan bersenjata dan ledakan bom bunuh diri di wilayah konflik tersebut.

Insiden ini berawal ketika bus yang membawa sejumlah peziarah asal Pakistan dalam perjalanan pulang usai berkunjung ke lokasi sakral di Iran. Bus tersebut berhenti di sebuah restoran di kota Taftan, Baluchistan, Pakistan.

“Sebanyak 23 peziarah tewas dalam serangan bom bunuh diri di Taftan. Tujuh orang lainnya termasuk enam wanita dan seorang anak mengalami luka-luka,” terang sekretaris provinsi setempat, Akbar Durrani seperti dilansir AFP, Senin (9/6/2014).

Dalam pernyataannya, Durrani menyatakan, ada empat pelaku bom diri yang berniat meledakkan diri di dua restoran berbeda yang dipenuhi para peziarah. Satu pelaku tewas ditembak oleh aparat sebelum sempat masuk ke dalam restoran. Sementara tiga pelaku lainnya berhasil masuk ke dalam restoran dan kemudian meledakkan diri mereka.

Serangan ini terjadi pada Minggu (8/6) malam waktu setempat dan total ada 300 peziarah di dalam restoran-restoran tersebut.

“Tujuh orang yang mengalami luka-luka dibawa ke Iran untuk mendapat perawatan medis setelah ada permintaan khusus kepada konsulat Iran di Quetta. Sisanya sebanyak 270 peziarah lainnya akan dibawa ke Quetta dengan pengawalan ketat besok,” terang Durrani.

Durrani menambahkan, seluruh peziarah Syiah tersebut berasal dari Pakistan.

Belum ada kelompok tertentu yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini. Namun diketahui bahwa dua ledakan bom mematikan di Quetta tahun lalu, menewaskan nyaris 200 orang dan diklaim dilakukan oleh organisasi ekstremis Sunni Lashkar-e-Jhangvi (Lej) yang berkaitan dengan jaringan Al-Qaeda dan dilarang pemerintah.

Sementara itu, serangan kelompok bersenjata di Bandara Internasional Jinnah, Karachi juga merenggut banyak nyawa. Dilaporkan 23 orang, termasuk 10 orang pelaku tewas dalam serangan yang berujung baku tembak antara pelaku dengan militer Pakistan tersebut. Serangan ini memaksa pengalihan seluruh penerbangan tujuan Bandara Jinnah ke kota lainnya. •

Sumber: Detik.com

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Blog ini hanya membahas tentang ISLAM. Jika Anda berkomentar selain daripada Islam, insyaallah akan mendapat azab dari Admin yaitu DIHAPUS tanpa peringatan. Silahkan memberi komentar sesuai isi artikel. Wassalam.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: