3 Pertanyaan Pemuda kepada Sang Kyai

Ada seorang pemuda yang diminta untuk belajar agama Islam, namun ia memberi syarat agar dicarikan guru agama yang bisa menjawab 3 pertanyaan yang selama ini mengganjal dihatinya. Setelah dicarikan, akhirnya ada seorang Kyai besar yang berkenan datang.

Pemuda: “Anda siapa dan apakah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saya?“

Kyai : “Saya hamba Allah dan dengan se-izin-Nya saya akan menjawab pertanyaan anda.“

Pemuda: “Anda yakin? Sedangkan banyak orang pintar yang tidak mampu menjawab pertanyaan saya?”

Kyai: “Demi keagungan dan segala hidayah dari Allah SWT sang pemlik ilmu, saya akan mencoba sejauh kemampuan saya.“

Pemuda: “Kemudian, karena jika terjawab, saya akan bersyahadat, maka bagaimana jika tidak terjawab …mmmhhh….. misalnya di 1 jam kemudian?”

Kyai: “Atas seijin Allah SWT, untuk setiap yang tidak terjawab, silakan tampar saya, karena telah menyia-nyiakan waktu dalam menggali ilmu dari Subhanahu wa ta’ala.“

Pemuda: “Jadilah jika demikan.”

Dan keduanya pun bersalaman.

Pemuda: “Pertanyaan ke-1, Kalau memang Allah itu Tuhan, kenapa banyak kesalahan dalam Quran?”

Kyai: “…………. ” (1 jam berlalu).

Lalu pemuda itu pun menampar sang Kyai.

Pemuda: “Pertanyaan ke-2, Kalau memang Quran itu sempurna, kenapa harus ada hadist. Apa Quran itu kurang lengkap?”

Kyai: “…………. ” (1 jam berlalu).

Lalu pemuda itu pun menampar sang Kyai lagi.

Pemuda: “Pertanyaan terakhir, “Kalau memang Quran itu sempurna, apa arti Alif Lam Mim?”

Sang Kyai itu langsung tertunduk lesu dan segera memeluk si pemuda sambil berucap, “laa illah” (“tiada tuhan”)😆😆😆

_______

Digubah banyak dari tulisan yang aslinya ditulis: Irsan Yanuar.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Blog ini hanya membahas tentang ISLAM. Jika Anda berkomentar selain daripada Islam, insyaallah akan mendapat azab dari Admin yaitu DIHAPUS tanpa peringatan. Silahkan memberi komentar sesuai isi artikel. Wassalam.

