Militan Islam Al-Shabaab Kepung Universitas Kenya, 147 Orang Tewas

Polisi mengacungkan senjatanya saat mencari para pria bersenjata pelaku penyerangan di Westgate Mall, Nairobi, Kenya (21/9/2013). Foto ini merupakan bagian portfolio karya Tyler Hicks yang memenangkan Pulitzer kategori breaking news. (AP Photo/The New York Times, Tyler Hicks)

TEMPO.CO, Nairobi – Sedikitnya 147 orang tewas setelah pasukan Kenya membersihkan kompleks penginapan universitas di Kota Garissa di timur laut Kenya. “Sebelumnya univeritas tersebut dikepung militan Al-Shabaab,” kata Menteri Dalam Negeri Kenya Joseph Nkaissery.

Sebelumnya, sejumlah anggota kelompok bersenjata asal Somalia menyerang kampus, Kamis, 2 April 2015, dan menggeruduk kompleks penginapan mahasiswa serta menyandera mereka hingga petang hari.

Dalam operasi sapu bersih para begundal, kata pejabat Kenya, 79 mahasiswa cedera sedangkan 587 mahasiswa lainnya berhasil diselamatkan petugas.

Operasi sapu bersih pasukan pemerintah berlansung seru, terjadi adu tembak antara bala tentara pemerintah dan sejumlah pria bersenjata di dalam gedung yang diyakini berisi puluhan mahasiswa korban penyanderaan.

Sejumlah saksi mata dalam keterangannya kepada Al Jazeera menerangkan, mereka mendengar tembakan senjata berat dan asap api dari dalam kampus, Kamis petang, 2 April 2015, waktu setempat.

Nkaissery mengatakan, “Empat penyerang mengikat dirinya dengan bahan peledak.”

Seorang mahasiswa perempuan yang lolos dari drama penyanderaan mengatakan kepada Al Jazeera, dia berjalan di atas banyak mayat, selanjutnya menghitung jumlah mereka ketika sudah keluar dari universitas.

Koresponden Al Jazeera, Malcom Webb, melaporkan dari Garissa, petugas keamanan Kenya saat ini sedang bekerja mengindentifikasi mayat dan memindahkannya ke kamar mayat.

Serangan di kampus ini merupakan insiden terburuk di Kenya sejak peledakan bom di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Nairobi yang dilakukan Al-Qaeda pada 1998. Insiden tersebut menyebabkan 213 orang tewas akibat dihantam truk berisi muatan bom.

Aksi mematikan lainnya terjadi pada 2013. Militan Al-Shabaab mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap Mal Westgate menyebabkan 67 orang tewas. •

Sumber: TEMPO.CO

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Blog ini hanya membahas tentang ISLAM. Jika Anda berkomentar selain daripada Islam, insyaallah akan mendapat azab dari Admin yaitu DIHAPUS tanpa peringatan. Silahkan memberi komentar sesuai isi artikel. Wassalam.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: