Perilaku Tak Manusiawi Saudi Tangani Jenazah Tragedi Mina 2015

Para jenazah jamaah haji terlihat ditumpuk-tumpuk seperti sampah.

Rimanews — Pemerintah Saudi Arabia terus mendapatkan sorotan tajam terkait beberapa insiden yang menimpa jamaah haji pada tahun 2015 ini. Ratusan jamaah haji meregang nyawa karena sejumlah insiden. Kini, dalam insiden terakhir yakni tragedi Mina 2015, Saudi juga mendapat kritik karena foto penanganan jenazah yang tidak manusiawi.

Dalam sebuah foto yang tersebar di berbagai media massa dan sosial, terlihat perilaku kurang manusiawi dari pemerintah Saudi dalam melakukan evakuasi korban tragedi Mina 2015. Para jenazah jamaah haji terlihat ditumpuk-tumpuk bagaikan sampah yang tidak terpakai.

Tampak juga petugas berbaju coklat yang terlihat sibuk mengangkut jenazah dan menumpuknya di dalam satu titik. Tumpukan-tumpukan jenazah jamaah haji itu terlihat menumpuk hingga para petugas pun terpaksa harus menginjak bagian badan jenazah tersebut.

Tudingan keras juga datang dari harian berbahasa Arab al-Diyar mengatakan dalam sebuah laporan, Kamis (24/09/2015), bahwa konvoi anak Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, Pangeran Mohammad bin Salman Al Saud, merupakan penyebab utama peristiwa mematikan di Mina. Media yang berafiliasi dengan Syiah Lebanon itu, mengkritik ulah keluarga raja yang menjadi biang kerok peristiwa mematikan tersebut.

Namun, hal itu dibantah pihak Kerajaan Saudi Arabia. Hingga saat ini, Saudi masih meneliti lebih lanjut terkait insiden mematikan tersebut. Menteri kesehatan Arab Saudi lebih memilih untuk menyalahkan para jemaah haji yang disebutnya tidak tertib. “Jika para jemaah mengikuti semua instruksi dengan baik, peristiwa semacam ini mungkin bisa dihindari,” ujar Khaled al-Falih. ⦁

Sumber: Rimanews

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Comments

  • Ikben  On 27 September 2015 at 08:09

    Sepertinya bangsa Arab Saudi ini diotaknya tertanam hanya “untung rugi”. Selama manusia yang datang membawa manfaat (keuntungan) maka bangsa Arab Saudi akan memberikan pelayanan. Tapi disaat para pengunjung negaranya tidak lagi bermanfaat bahkan cenderung menyusahkan, maka akan diperlakukan layaknya binatang tak berguna.

Blog ini hanya membahas tentang ISLAM. Jika Anda berkomentar selain daripada Islam, insyaallah akan mendapat azab dari Admin yaitu DIHAPUS tanpa peringatan. Silahkan memberi komentar sesuai isi artikel. Wassalam.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: