Raja Salman Puji Penyebab Tragedi Mina

Raja Salman menyaksikan tragedi Mina.

RIYADH, Arrahmahnews.com – Raja Saudi, Salman bin Abdul Aziz bukannya berkabung dan mengkritik kinerja petugas haji atas insiden Mina yang menewaskan 1.300 jamaah haji, justru malah memuji atas kinerja bagus yang telah dicapainya.

Kantor berita al-Alam News melaporkan Raja Salman dalam sambutannya pada kesempatan hari raya Idul Adha di hadapan sejumlah pejabat asing dan para petugas yang bertanggung jawab mengurusi haji, mengatakan akan mengumpulkan bukti-bukti dan menjelaskan rincian kejadian, ia memerintahkan petugas urusan haji untuk menyelidiki tragedi Mina.

Raja Saudi menyebut tragedi Mina dengan sebutan “dorong-dorongan” dan mengatakan bahwa tragedi ini tidak mengurangi khidmat mereka kepada tamu-tamu Allah.

Dalam kesempatan itu, Raja Salman juga tidak mengatakan ucapan belasungkawa terhadap keluarga korban tragedi Mina. Ia justru, berpindah topik pembicaraan tentang perang Yaman.

Raja Salman memuji sikap ksatria para tentaranya yang sedang berperang dengan tentara Yaman, dan menyebut mereka sebagai orang-orang yang setia terhadap pendiri kerajaan Arab Saudi, Raja Abdul Aziz.

Tragedi Mina hingga kini telah menelan 1.300 korban jiwa. Angka ini bisa terus bertambah seiring masih banyaknya korban luka-luka yang kondisinya kritis di beberapa rumah sakit.

Sementara itu, para pejabat Arab Saudi berusaha berlepas diri dari tanggung jawab mereka dalam memberikan keamanan dan pelayanan kepada 1,9 juta jamaah haji, seperti Menteri Kesehatan Arab Saudi dalam pernyataannya menyalahkan jamaah haji Afrika yang menyebabkan tragedi tersebut.

Sementara itu, saksi mata mengatakan peristiwa ini terjadi karena penutupan dua jalan menuju Mina oleh sejumlah pasukan Arab Saudi, tanpa memberikan penjelasan alasan penutupan jalan tersebut. Penutupan ini akhirnya memaksa ratusan ribu jamaah haji berbalik arah.

Sumber media Arab menyatakan bahwa konvoi wakil putra mahkota Saudi sekaligus Menteri Pertahanan kerajaan itu, Muhammad bin Salman ternyata adalah penyebab kepanikan luar biasa jutaan jama’ah haji, dan membuat mereka berdesak-desakan hingga menewaskan, sejauh ini, 1.300 orang di Mina pada hari Kamis kemarin. ⦁

Sumber: Arrahmahnews.com

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Comments

  • ikben  On 29 September 2015 at 12:21

    Terlepas simpang siurnya berita penyebab terjadinya tragedi mina tersebut, selayaknya para korban meninggal tidaklah seperti binatang mati ditumpuk-tumpuk sebagaimana ter expose dalam gambar.
    Bangsa Arab Saudi ini sepertinya bangsa biadab, tidak mempunyai rasa empati terhadap keluarga yang melihat kerabatnya diperlakukan seperti binatang mati.

Blog ini hanya membahas tentang ISLAM. Jika Anda berkomentar selain daripada Islam, insyaallah akan mendapat azab dari Admin yaitu DIHAPUS tanpa peringatan. Silahkan memberi komentar sesuai isi artikel. Wassalam.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: