Islamis Boko Haram Kembali Serang Desa-desa

Ratusan Warga Nigeria Diperkirakan Tewas

RIMANEWS – Ratusan orang diperkirakan tewas dalam serangan yang diduga dilakukan kelompok Boko Haram ke empat desa di Nigeria Timurlaut, kata anggota parlemen dan warga setempat, Kamis (5/6).

Beberapa pemimpin masyarakat menyebutkan angka korban tewas dalam serangan pada Selasa lalu di distrik Gwoza, Negara Bagian Borno, itu mencapai 400 hingga 500 orang. Namun, angka tersebut tidak dapat dipastikan secara independen karena sulitnya akses saluran komunikasi di wilayah tersebut.

Anggota parlemen Peter Biye mengatakan kepada AFP, “Pembunuhan itu terjadi secara besar-besaran, namun, untuk saat ini, tidak ada seorangpun yang bisa menyebutkan jumlah korban karena tidak ada yang bisa mendatangi daerah tersebut sehubungan dengan pemberontakan yang masih berlangsung. Mereka (gerilyawan, red) telah mengambil alih semua wilayah.”

Secara brutal orang-orang bersenjata dan berpakaian seperti tentara dengan menaiki kendaraan dan motor menyerang desa Goshe, Attagara, Agapalwa dan Aganjara di distrik Gwoza. Mereka menembaki penduduk secara membabi buta dan membakar rumah-rumah.

Penduduk desa melarikan diri ke wilayah Kamerun yang berbatasan dengan negara mereka guna kabur dari ancaman pembunuhan, kata Peter Biye, seorang anggota parlemen rendah Nigeria yang berasal dari daerah pemilihan setempat.

Kelompok Islamis Boko Haram baru-baru ini meningkatkan taraf ancamannya di utara negara bagian Borno dekat perbatasan Kamerun, Chad dan Niger. Mereka meneror desa-desa, merampok gudang pangan serta membunuh penduduk.

Tanpa komunikasi di daerah tersebut karena perusakan menara-menara penyedia jasa telekomunikasi oleh kelompok pemberontak itu, pemberitaan adanya serangan baru sangat lambat munculnya, dan verifikasi jumlah korban sangat sulit didapatkan. (Maghfurrodhi/AFP/CNN)

Sumber: Rimanews

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Blog ini hanya membahas tentang ISLAM. Jika Anda berkomentar selain daripada Islam, insyaallah akan mendapat azab dari Admin yaitu DIHAPUS tanpa peringatan. Silahkan memberi komentar sesuai isi artikel. Wassalam.